Kamis, 27 Maret 2014


Gambar tokoh zildan, sonya, dan ruben *karya pribadi*

" Disuatu kota di Negeri Indonesia, ada seorang anak yang bernama Zildan, ia adalah sosok anak yg dikenal baik dan mempunyai semangat tinggi oleh teman-temannya. Sekarang Zildan duduk dikelas XII atau 3 Sekolah Menengah Atas disebuah sekolah Swasta yang berada disekitar  rumahnya. Hmm... kebetulan dia dan teman - teman barusan saja mendapatkan materi tentang leadership di kelasnya, hal tersebut sangat membuat di exicted hingga membuat kehebohan saat di jam istirahat sekolah... "

" hai zil lho kenapa kok kayaknya seneneng banget..." tanya ruben teman zildan

" hahah.... gak kenapa-kenpa kok ! " sahut zildan

lalu teman zildan yang lainnya sonya langsung bertanya kepada zildan "masak ? gak kenapa-kenapa kok berteriak kegirangan sambil memukul bangku sekolah gitu ?"

" oh.... hahah... aku lagi exicted banget nih setelah mendapat pelajaran tentang leadership tadi ! "

" oalahhh.... yang tentang kepemimpinan tadi itu ya ? " tanya sonya

" iyap, betul sekali ! " eh teman-teman kalian tahu gak, rasanya setelah mendapatkan materi tadi aku semakin termotivasi lho untuk menggapai impianku !

" wow... kok bisa ? emang kamu kedepannya ingin menjadi apa ? " tanya ruben kepada zildan

" hemm... ada dech ! "

" ayolah kasih tau, gitu aja pelit banget... " sahut sonya

" hemm... apa ya ? heheh... kalian ini kepo banget ya ? " jawab zildan

" iyalah, kepo itu sudah mendarah daging, heheh..." jawab ruben kemudian

" oke...oke..hahah ! kalian masih ingat kan kata pak budi tadi ? "

Leadership 


tanpa memandang laki-laki maupun perempuan sejatinya kita semua adalah seorang pemimpin, dan yang sudah beliau katakan tadi bahwasannya secara umum pengertian dari leadership adalah pemimpin, pengatur, pengarah, dll.  Kita sebagai generasi pemuda harus mempunyai semangat tinggi untuk bisa memajukan negara ini.  

" oh ya...ya..ya.! terus hubungannya leadership dengan kita sebagai generasi penerus bangsa itu apa zil ? " tanya ruben

 Maju karena leadership

kalian tahu negara jepang dan korea kan ? mereka itu adalah negara maju yang dikarenakan generasi mudanya memiliki jiwa leadership ! suatu negara dikatakan maju bukan hanya karena sumber daya alamnya saja, tapi juga sumber daya manusianya juga. Lihat saja korea walaupun wilayahnya kecil, jauh sekali dengan negara kita indonesia, tapi mereka  lebih maju daripada kita. Mereka memiliki sumber daya manusia yang sangat disiplin sekali. Coba bayangkan saja bagaimana bisa ada perusahann besar seperti Samsung dan LG kalau tanpa ada sosok-sosok orang hebat yang mempunyai jiwa leadership, mereka mampu memimpin perusahaan dan dapat berekspansi ke seluruh dunia ?

" wah benar juga ya zul ? melihat mereka rata-rata memiliki leadership, etos kerjanya juga sangat tinggi ! " sahut sonya 
 
Quote leadership dari orang-orang besar di seluruh dunia

Beberapa contoh tokoh besar di dunia
  
yup, benar sekali ! dan aku lihat nih ya teman-teman, orang-orang sukses, orang-orang besar didunia ini mereka itu adalah seorang leadership. banyak sekali quote-quote dari mereka yang sangat menginspirasi banyak orang diseluruh dunia.

" siapa aja zil ? " tanya ruben

banyak, mereka diantaranya adalah :

- Napoleon Bonaparte
  
" Seorang pemimpin adalah dealer harapan "

 - John Quincy Adams

" Jika tindakan Anda menginspirasi orang lain untuk bermimpi lebih, belajar lebih, melakukan lebih dan menjadi lebih, Anda adalah pemimpin "

- John F. Kennedy

" Kepemimpinan dan pembelajaran sangat diperlukan untuk satu sama lain "


itulah beberapa contoh quote-quote beberapa orang besar diseluruh dunia yang pernah aku baca, mereka adalah  orang - orang besar yang sangat berpengaruh di dunia ini. bagaimana menurut kalian ?

" Hmm... keren, kata - katanya sangat menginspirasi banget ya zul, apalagi quote yang dari Napoleon Bonaparte bahwa seorang pemimpin adalah dealer harapan...! beh merinding.... " sahut ruben


Terus kita ?

yap, itu adalah sesuatu hal yang sangat mulia ! tahu gak teman-teman tanpa disadari kita adalah seorang pemimpin bagi diri kita sendiri. tentunya kita ingin kan bisa menjadi orang yang sangat sukses ? apalagi sebagai generasi penerus bangsa ! pasti ada sesuatu hal yang mendorong kita untuk benar-benar bisa menjadi orang yg sukses. Namun tahu gak kalian bahwa kebanyak anak-anak seusia kita sekarang lebih suka bersenang - senang saja, mereka berpikir bahwa sekarang yg penting hapy-hapy saja kalau masalah itu masih lama, gak usah terlalu dipeduliin.

Kita calon pemimpin masa depan


Kita ini semua adalah calon pemimpin masa depan ! mereka tidak menyadari bahwa  mereka adalah calon pemimpin masa depan yang sangat bisa mempengaruhi kesuksesan hidupnya kelak. Mengapa ? karena tidak bisa dibohongi bahwasannya leadership sangat berpengaruh pada karir seseorang. Mereka yg hanya mengandalkan pada kemampuan intelektualnya saja tanpa memilki jiwa kepimpinan yg baik, tentu ia tidak akan meraih karir yang tinggi. 

" hmm... kok bisa gitu zil ? " tanya sonya

" ya bisa dong sonya, hahah... " jawab zilan

" ah kamu nih masih sempat-sempatnya ya bercanda... padahl ini udah serius dengerin kamu ngomong ! " sahut sonya kemudian

hahah... maaf...maaf... ya biar suasananya lebih cair gitu. Baiklah aku jawab ya sonya..  coba kamu lihat orang-orang diluar sana, coba kamu bedakan antara seorang pekerja kantoran biasa dengan atasannya. 

hmm.. apa ya ? oh ya.. ya.. aku tahu mungkin kalau  hanya sebagai karyawan biasa, kita hanya mendapatkan itu-itu aja, beda dengan seorang pemimpin yang pasti mendapat lebih banyak hal dalam karirnya, salah satunya adalah gaji yang lebih banyak tentunya ! hahah..

wkwkwk... kamu bisa aja ya, btw boleh juga tuh jawabannya. hahah...
seorang biasa yg membedakan dg pemimpin salah satunya adalah hal yg ia kerjakan, kalau ia karyawan biasa maka hal yg ia kerjakan adalah hanya itu-itu saja, ia cuman fokus pada 1 saja yakni pekerjaannya. Sangat membedakan dengan seorang pemimpin yang setiap hari ia dituntut untuk selalu berkreasi dan harus mampu memecahkan berbagai masalah yg menghadapinya, sehingga ia akan lebih banyak mendapatkan pengalaman dan pada akhirnya dapat mengupgrade  karirnya. 

" oh gitu ya..? " timpal ruben

Untuk menjadi besar, mereka juga mempunya jiwa leadership

yup...! sekarang aku mau tanya nih sama kalian, kira - kira para enterpreneur besar seperti steve jobs pendiri Apple, lalu mark z pendiri facebook apakah mereka seorang pemimpin ? tanya zildan

" hmmm..... pastinya mereka adalah orang-orang hebat yang sangat aku kagumi, heheh... menurutku sih iya, mereka juga seorang pemimpin "  jawab sonya

thats right ! heheh.... lihat karir mereka sekarang, luar biasa kan ? mereka menjadi generasi penerus bagi negaranya. Berkat mereka yang mempunyai jiwa leadership, mereka mampu mengangkat citra negaranya dan semakin memantapkan Amerika Serikat menjadi negara yg bisa dikatakan sebagai negara adidaya.

Dengan jiwa leadership yang dimilkinya, Mark Zuckerberg mampu memimpin Facebook menjadi media sosial no 1 di seluruh dunia dan bukan hanya itu saja, facebook juga telah Go Public dengan memperdagangkan sahamnya ( Facebook ) di Nasdaq. Selaku CEO Facebook, Mark Zuckerberg benar - benar menjadi sosok leader atau pemimpin yang baik.

Menjadi leadership yang baik untuk kesuksesan kita bersama 

" wow... emang amazing ya Mark Zuckerberg itu ! " sahut ruben

yap bener sekali seperti itulah seharusnya seorang leadership, pemimpin amanah yang dapat membuat kemajuan dan sangat di senangi oleh semua orang.

" andai saja ya,  pemimpin kita seperti itu ? " gumam sonya

heheh... senyum zildan
zildan kemudian melanjutkan pembicaraannya :
" memang untuk menjadi seorang leadership yang baik itu tidak bisa langsung jadi, dibutuhkan proses terlebih dahulu. Menurutku nih ya teman-teman, menjadi calon pemimpin itu sejak dini harus dibiasakan dengan budaya yang supportif agar kelak tidak menjadi orang yg buta harta dan menggunakan jabatan semaunya sendiri "

untuk menjadi calon pemimpin masa depan yang baik sejak kecil kita harus dibiasakan untuk kerja keras, hidup sederhana dan mau bersusah payah

" loh kok hidup sederhana ? " tanya sonya

iya dong, menurutku dengan membiasakan hidup sederhana kita akan menjadi orang yg lebih baik kedepannya, termasuk ketika kelak kita menjadi seorang pemimpin. Banyak manfaat yg bisa kita raih ketika bisa hidup sederhana, salah satunya adalah bisa berempati kepada orang lain. Ini sangat penting karena kita akan selalu peduli terhadap kepentingan orang banyak. Seorang pemimpin yg sederhana, ia tidak akan menjadi orang egois dan memanfaatkan jabatannya dengan seenak mungkin

" dan satu lagi zil, seorang pemimpin yang hidupnya sederhana dia pasti tidak akan melakukan korupsi ! heheh..." sahut ruben

wow.. super sekali anda bung ! heheh... betul sekali yang kamu katakan ben, seorang pemimpin yg sederhana ia jauh dari kata korupsi. jawab zildan

aku, aku juga ingin menjadi leaders yg keren seperti mereka


dan aku tambahin lagi nih ya, menurutku seorang pemimpin itu harus ANTI MAINSTREAM !

" Anti mainstream maksudnya itu apa zil ? " tanya sonya

maksudnya adalah berani beda ! seorang pemimpin itu harus  berani beda dengan yang lainnya, beda dengan tujun yang lebih baik lagi. Nih aku juga punya singkatan untuk Anti Mainstream :

Agresif                
Ngemong
Tenang
Industrious
Merakyat
Adil
Incredible
Neighborly
Sayang
Toughtful
Rendah hati
Empati
Aware
Melindungi

" hahahah..... kamu ini zil, kreatif banget ! " ujar sonya

heheh... tapi masuk kan ? tanya zildan, zildan kemudian melanjutkan pembicaraannya :

inilah yang membuatku kegirangan tadi, aku semakin termotivasi  untuk menjadi  seorang leadership. Menurutku dengan kita fokus dan berkeyakinan kuat, otomatis apa yang akan kita lakukan sehari-hari akan mengarahkan kita pada hal-hal baik. Aku tahu untuk benar- benar menjadi seorang pemimpin itu tidak mudah, tapi akau yakin aku benar-benar bisa menggapai itu

" wih salut... sama kamu zil, kamu benar-benar berkeinginan keras " sahut sonya

lalu ruben tanya kepada zildan " loh kamu mau menjadi presiden zil ? "

hemm... menjadi seorang leader itu sifatnya universal... banyak cakupannya, tidak hanya untuk menjadi presiden atau kepala daerah yang membutuhkan kepimimpinan. Seperti para pengusaha-pengusaha sukses yg sudah kusebutkan tadi... bahwa kalau ingin sukses kita juga harus siap menjadi seorang pemimpin. 

oh seperti Steve Jobs, Mark Zuckerberg ya !!! berarti kamu ingin menjadi pengusaha ? tanya ruben lagi

heheh... iyap.. aku berkeinginan sekali menjadi enterpreneur, dan kelak dapat memimpin  perusahaanku menjadi perusahaan besar yang dapat memberi banyak manfaat kepada orang lain.

wihh... kerennnnn kamu zil, aku dukung dech heheh... untuk menjadi Mark Zuckerberg nya Indonesia. heheh... sahut sonya

amin...amin thanks sonya jawab zildan

USBI sebagai jembatan untuk mencapai  itu

Gambar tentang USBI *sumber : website USBI*
oh gitu... to zil....!  ungkap ruben terus kita nih kan udah kelas XII ya ! kamu mau melanjutkan kuliah kemana ? tanya ruben lagi

pastinya yang mendukung keinginanku dong heheh...! aku udah tahu nih mana universitas yang bagus, yang bisa membantuku untuk mewujudkan cita-citaku menjadi pengusaha plus seorang pemimpin yang baik di masa depan

wah-wah... mau tahu dong apa nama universitasnya zil, aku pengen ikut gabung nih ma kamu ! heheh...

nama universitasnya adalah USBI. USBI memiliki visi dan misi yang sangat bagus sekali, yakni sesuai dengan apa yang sudah kita bicarakan sekarang 

tentang kepemimpinan  di masa depan ?

yap betul sekali, USBI sangat konsen mendukung para generasi muda, mereka sadar bahwa generasi muda adalah generasi calon pemimpin dimasa depan yang harus selalu didukung. Dengan berbagai fakultas yang telah dihadirkan, USBI akan membantu kita menjadi seorang yang berkompeten sesuai dengan bidang masing-masing, serta menjadi sosok orang yg mempunyai jiwa leadership baik. .

wow...! kamu mau ambil jurusan apa zil, terus gimana nih caranya cari tahu tentang USBI ? kayaknya aku juga ingin sekali nih kuliah disana heheh... tanya ruben

aku ambil fakultas bisnis dong, heheh... kamu bisa cari semua informasi tentang USBI dengan membuka websitenya disini 

oh ok...ok... thanks ya zul! 

" tiba-tiba bel jam istirahat berbunyi, itu tanda kelas akan dimulai lagi"

eh-eh udah masuk nih kita sambung lain kali ya pembicaraan kita ? tanya sonya

baiklah.... sonya..! sahut ruben dan zildan

" mereka pun akhirnya beranjak untuk menyiapkan pelajaran sekolah berikutnya, zildan, ruben, dan sonya dengan tertib menyimak pelajaran yang diberikan oleh guru mereka "


                                                                          ----------selesai----------

Halo-halo kalian semua, bagaimana kabarnya ? semoga selalu dalam keadaan baik ya :) Amin. Oh ya kalian gak bingung kan ketika awal kali baca artikel ku ini ? tiba- tiba disodori oleh sebuah cerita yang entah mungkin agak garing dan penataan bahasanya yg agak kacau  heheh... mohon dimaklumi semua ya... karena  penulis disini masih belajar ! hahah.... :)

Untuk kalian yg telah baca ceritaku diatas, pastinya sudah tahukan kalau aku ini sedang lagi bahas apa ? Ya, artikel kali ini aku membahas mengenai leaders atau lebih tepatnya mengenai calon pemimin masa depan. Sebagai anak muda dan generasi penerus bangsa, seharusnya kita mempunyai jiwa leaders ! mengapa ? karena dengan memilki jiwa leaders akan membuat kita menjadi lebih mandiri dan bukan hanya itu saja, sudah saya jelaskan pada cerita diatas bahwa orang yang mempunya jiwa leaders akan memiliki kecenderungan karir yang lebih berkembang daripada orang yg tidak mempunyai jiwa leaders.

kalian semua pasti ingin menjadi sukses kan ? mangkanya mulai sekarang yuk kita belajar menjadi pemimpin, diawali dengan jadi pemimpin bagi sendiri dulu lah... heheh... INGAT...! yang harus mempunyai jiwa leaders itu bukan hanya Presiden, anggota DPR atau pejabat negeri lainnya saja, tapi juga kita. Jangan mentang - mentang Ahh.. gak bakalan jadi presiden ! Ahh... gak bakalan jadi anggota legislatif, terus  gak mau mengasah jiwa leadership kita.

Leadership itu cakupannya luas sekali, dan itu sangat dibutuhkan oleh semua orang dijaman yg modern ini. Dan sesuai dengan cerita diatas, untuk menjadi orang sukses seperti Steve Jobs dan Mark Zuckerberg itu juga dibutuhkan jiwa leadership yang handal. Sosok leaders yang benar - benar baik dan amanah, yang mampu membuat kemajuan. Dibutuhkan pula yg namanya proses untuk menjadi seorang leaders yang baik, seorang leadersip itu harus mau hidup sederhana, kerja keras dan mempunyai sikap-sikap baik lainnya.

Dan tak bisa dipungkiri, untuk ingin menjadi  seorang leaders yang baik dan berkompeten juga  harus mau terus belajar, dan terkadang kita juga dituntut untuk bisa menemukan tempat belajar yang cocok bagi kita. USBI  sebagai Universitas yang berkesinambungan, menurutku sangat tepat sekali menjadi tempat belajar untuk meraih masa depan yg lebih baik lagi. Lewat misinya yakni mendidik calon pemimpin masa depan yg sesuai dengan karakteristik,  USBI berusaha membangun rasa jiwa kepemimpinan, dan entrepreneurship  kita, serta menjadidkan  diri kita menjadi sosok  bertanggung jawab sosial.

Gimana kalian sebagai generasi pemimpin masa depan ? masih semangatkan untuk menggapai impian kalian kan ? heheh... harus semangat dong pastinya !!! :) Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Mohon maaf jika ada salah-salah kata, dan atas perhatinnya saya ucapkan terimakasih. #SalamLeaders :)

sumber : 

http://www.usbi.ac.id/id
http://id.wikipedia.org/wiki/Kepemimpinan
http://www.inspirational-quotes.info/leadership.html



8 komentar:

  1. hmmm... penyampainnnya simple banget tapi sangat ngena... thnks this information,,, btw idenya unik dg cerita yg unik... sukses guys!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih :)
      semangat menjadi calon pemimpin masa depan !!!! heheh... :))

      Hapus
  2. congratz u are the winner..
    salam kenal gue Alicia Catherine juara 3 nya..
    keep blogging ya ;))

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih.... :) selamat juga udh jd juara 3 :D #salamblogger

      Hapus
  3. keren nih articlenya, selamat yaa kalian!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimksh maz ilham... selamat juga udh jadi pemenang favorite :) heheh.. #salamblogger

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus